Translate

Sunday 22 January 2017

Cerita Pengurusan Visa UK (Inggris) di VFS Global Jakarta

Berbekal tiket error Malaysia Airlines KUL LHR direct flight one way RM300, akhirnya harus prepare UK Visa. Menurut info, sebenarnya penduduk Jawa Timur seperti saia bisa mengajukan di VFS Global Surabaya, tetapi harus membayar extra cost 55 poundsterling per applicant. Menurut saia ini terlalu besar, belum termasuk nanti biaya fee utk VFS nya dan jika perlu pake Priority Service lebih ajib lagi kan...Extra cost masak setara harga tiket error one tersebut diatas. Gak mungkin lah..

Okay akhirnya diputuskan apply di VFS Jakarta saja toh saia memang akhir2 ini sering ada trip atau transit ke Jakarta.

Pertama yang dilakukan adalah membuat akun dan mengisi form online disini. Isilah semua form yang ada dengan benar dan jujur. Anda sewaktu-waktu bisa save dokumen dan log out untuk dilanjutkan pada waktu senggang anda. Jika sudah pada halaman pembayaran, bisa bayar pake kartu kredit (I like it). Biaya visa regular USD103. Untuk priority service tambah USD205 jadi total bayar USD308. Saia pakai priority service karena gak bisa ninggalin paspor untuk proses visa lebih dari seminggu, padahal menurut info untuk reguler waktu yang diperlukan bisa 3 minggu. Priority hanya 3-5 hari kerja. Saia submit dokumen Jumat sore jam 15:30, Selasa sore jam 15:46 sudah dapat notifikasi email kalo paspor sudah bisa diambil.





Jika semua data sudah diisi dan sudah bayar, atur jadwal appointment. Kita diperbolehkan masuk 5 menit sebelum jam appointment kita, meskipun kita sudah hadir 1jam lebih awal.


Persiapkan dokumen2 wajib yang diperlukan dan dokumen pendukung jika ada seperti ini:

1. Paspor asli dan foto kopi
Saia juga melampirkan paspor lama saia sejumlah 3 buah. Melampirkan paspor lama ini tidak wajib, tapi saia tetep lampirkan karena ketiga paspor lama ada travel history yang cukup bagus. Ada visa Schengen, Jepang, Umrah dan stamp imigrasi Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Vietnam, Saudi Arabia, Belanda, Jepang dan Korea Selatan. Paspor baru hanya ada visa Amerika dan stamp imigrasi Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, China, Hongkong dan Amerika.

2. Fotokopi KTP, KK, Akte Lahir, Buku Nikah.
Dokumen2 ini berdasar brosing2 harus ditranslate oleh sworn translator (penerjemah tersumpah) dengan biaya tertentu. Saia tanyakan mastah Unlock the World katanya tidak perlu di terjemahkan ke bahasa Inggris. Saia dengan pede nya ikut2 tidak perlu diterjemahkan dan ternyata memang betuk tidak perlu ditranslate ke inggris.

3. Fotokopi SIUP
Saia ada 2 SIUP yaitu SIUP CV dan PT. Untuk meyakinkan saia lampirkan keduanya dan tidak perlu di translate juga

4. Surat pengantar dari perusahaan
Karena status saia sebagai pemilik maka yang tanda tangan admin saia.

5. Surat referensi bank
Kali ini saia pakai rekening pribadi dari Bank CIMB Niaga. Kebetulan rekening pribadi ini cukup aktif, mutasi rekening ketika di cetak dari internet banking per bulan bisa 26 halaman kertas A4. Posisi saldo terakhir saia minta surat referensi sekitar Rp150jt. Untuk para pembaca tidak perlu berkecil hati, karena nominal saldo penting tapi tidak sangat penting karena asal kita bisa menunjukan keterikatan dengan negara asal yang pasti kembali ke Indonesia pasti akan granted kok visa nya.

6. e-Ticket Pesawat PP Jakarta-London by Thai Airways
Loh katanya dapat tiket error one way KUL LHR tapi kok yang dilampirkan tiket PP CGK LHR? Iya untuk lebih mempermudah saja biar gak ribet dan make sense, saia minta dibuatkan dummy tiket untuk pengajuan UK visa saja yang PP Jakarta.

7. Bookingan hotel selama di UK
Saia booking The Langham Hotel London dan Manchester Hotel & Spa yang pasti free cancelation. Harga per malam di London Rp6jtan dan di Manchester Rp4jtan. Jangan beranggapan hotel segini akan dipakai, toh begitu visa sudah granted semua juga dicancel heheee.... Tips: Untuk visa booking saja hotel bintang 5 yang free cancelation, ntar kalo pas travelling beneran pake dormitori atau nebeng di temen juga gak papa.

8. Polis Travel Insurance Axa Mandiri SmartTraveller
Dokumen ini tidak ada dalam list yang wajib ada, tetapi karena sudah punya maka saia lampirkan saja. Cerita tentang asuransi ini ada disini

9. Fotokopi APEC Business Travel Card
Kartu sakti ini selalu saia lampirkan dalam pengajuan visa manapun, karena begitu ketat screening nya untuk mengajukan Kartu ini dan menunjukan bonafiditas profil kita. Penjelasan tentang kartu ini bisa di klik disini.

Sebenarnya bisa ditambahkan dokumen kepemilikan property atau kendaraan, saia tidak melampirkannya karena saia merasa dokumen diatas sudah cukup.

Alamat VFS Global di Kuningan City Mall Lantai 2. Dari pintu utama tengah setelah pemeriksaan security, belok kiri ada lift yang akan membawa anda ke lantai 2 tepat didepan VFS Global. Untuk yang masuk dari pintu sebelah Axa Tower bisa lurus saja naik pakai lift yang sama.

Pada saat appointment usahakan dateng tepat waktu, jangan terlalu awal atau malah telat. Terlalu awal pun tetep tidak diperkenankan masuk jika tidak sesuai jadwal appointment kita.

Jangan bawa laptop karena tidak diperbolehkan dibawa masuk dan harus dititipkan di security bayar Rp22.000. Di depan jika perlu internet ada tersedia satu komputer dengan sewa Rp11.000 per 15 menit kalo gak salah. Print dokumen Rp2.000 per lembar dan fotokopi Rp1.500 per lembar. Di dalam fotokopi Rp500 per lembar, so jangan fotokopi yang diluar yang pake mesin print-scan-copy biasa. Yang didalam pakai mesin fotokopi beneran yang gede dan murah.
Kebetulan saia diharuskan fotokopi full pages (karena pakai priority service) paspor yang baru dan saia fotokopi di dalam.

Begitu masuk dan dapat nomor antrian, kita akan disambut oleh petugas pemeriksa dokumen yang akan memilah dokumen kita, begitu selesai dipersilahkan duduk untuk dipanggil di counter penerima dokumen.

Tidak banyak yang submit dokumen di jam appointent saia, sebentar saja sudah dipanggil. Karena sudah isi form dan sudah bayar, petugas VFS sebenarnya hanya klarifikasi saja, sifatnya hanya cross check data dan pembayaran. Mereka hanya perantara yang menerima dokumen dan meneruskan ke pusat UK Visa di Manila. Semua dokumen akan discan dan dikirim ke Manila. Fisiknya dimasukkan ke amplop plastik besar dan dikirim ke Manila sore itu juga. Yang membedakan amplop saia ditempel stiker PRIORITY warna merah.

Setelah proses input data selesai kita dipersilahkan duduk dan menunggu untuk sidik jari dan foto. Oh ya saia sadar ternyata foto ukuran 3,5 X 4,5 yang sudah saia siapkan ternyata tertinggal di tas laptop yang saia titipkan security, ternyata mas nya bilang tidak perlu foto nya, nti akan difoto di dalam pas pengambilan sidik jari.

Proses selesai saia dikasih tanda terima untuk pengambilan visa dan ditunggu 3-5 hari kerja. JIka sampai 5 hari belum dapat email saia disuruh hadir untuk menanyakan ke VFS.

Begitu dapat email, saia langsung cuss ke VFS, jam pengambilan jam 12:00 - 17:00 tiap hari nya. Saia terima email jam 15:46, jadi masih ada waktu, kebetulan pas ada disekitar kuningan.


Dan inilah visa termahal yang pernah saia ajukan:



London...london...sambil nyanyi kayak the changcuter.....

Catatan penting yang terbaru sesuai pengalaman di lapangan:
1. Dokumen2 yang berbahasa Indonesia TIDAK perlu diterjemahkan ke inggris. Lumayan hemat biaya.
2. Foto TIDAK diminta karena foto yang tertera di visa nanti adalah foto yang diambil di dalam ruangan sidik jari menguakan kamera Canon Ixus. Jadi dandan yang syantik ya sebelum ke VFS...

8 comments:

  1. Mas Dimyani, apakah benar tidak perlu sworn translator untuk KK dan KTP? Saya rencananya mau pengajuan pertengahan April ini, yg dimaksud unlock the world diatas itu apa ya mas? Please advise. TIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya salam kenal. Benar, saya hanya foto kopi KK dan KTP asli bukan hasil terjemahan.
      Mr. Unlock the world itu temen backpacker yang sudah menjelajahi sktr 60-70 negara dan punya pengalaman mengajukan visa dari bbrp negara.
      Semoga bermanfaat dan selamat mengajukan visa UK nya dan semoga berhasil.

      Delete
    2. Setiap orang keperluannya beda-beda, ini utamanya perlu diterjemahkan jika misalnya ejaan nama di Paspor beda dengan data di identitas.
      Silakan baca link berikut untuk mengetahui apa saja yang diperlukan

      https://penerjemah-id.com/2016/09/21/persyaratan-visa-uk/

      Delete
  2. Sedikit meluruskan bahwa pihak VFS telah membuat check-list apa saja yang perlu diterjemahkan oleh mereka yang mengajukan visa UK ini. Memang setiap individu berbeda-beda kondisinya, namun penerjemahan beebrapa dokumen dasar seperti Akta dan KK perlu terutama jika mereka misalnya berangkat sendiri dengan keluarga atau memiliki perbedaaan nama atau ejaan dalam Paspor yang dipakai dengan dokumen resmi lainnya.
    Silakan baca link berikut untuk mengetahui dokumen apa saja yang perlu diterjemahkan berdasarkan selebaran yang disediakan VFS saat mengajukan dokumen persyaratan pengajuan visa di VFS yang dialami sendiri oleh penulis.

    https://penerjemah-id.com/2016/09/21/persyaratan-visa-uk/

    ReplyDelete
  3. Kak, mau tanya. Kalau di form yang kita print masih ada data yang salah bagaimana ya, kak? Apakah masih bisa diperbaiki saat di VFS? Dokumen saya ada yang salah di bagian alamat pengundang di UK. Mohon pencerahannya kak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Halo.. Aku mau tanya nih, pas aku pakai priority service, setelah dokumen di scan di loket, and di periksa di ruang biometrik, petugas biometrik nya bilang kalau dokumen yang fisik bisa saya simpan. Saya sempat bingung soalnya Saya kira di tinggal di Visa application centre. Memang seperti itu ya proses nya??

    ReplyDelete
  5. Halo mau tanya kak, utk priority service dibayar waktu di VFS atau dibayar saat pembayaran lewat aplikasi ya?

    ReplyDelete
  6. Why I lost $3.5M playing slots on my mobile device
    When I bought a mobile device, I would immediately pay 문경 출장마사지 for 포천 출장마사지 the winnings. You can find 공주 출장안마 all the games and the slots that I'm looking for here 군포 출장마사지 on 서귀포 출장샵

    ReplyDelete