Translate

Sunday 22 January 2017

Cerita Prosedur dan Cara Mengurus Visa Amerika di Konjen Surabaya

Sudah sekian lama tidak mengecek apalagi menulis di blog ini, saia punya cerita tentang mengurus Visa Amerika yang kebetulan dilakukan di Konjen Amerika Surabaya karena saya tinggal di Jatim.
Okay Bismillah kita mulai yaa…

Pemilihan Jenis Visa
Pilihan jenis visa yang sering dipakai untuk warga negara Indonesia mengunjungi US adalah B1 (turis), B2 (bisnis) atau kedua nya B1/B2. Saya memilih B1/B2, jadi bisa turis dan bisnis.

Pengisian Form DS160
Pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir DS160 disini. Sebelum mengisi formulir secara online sebaiknya siapkan foto berupa copy digital yang nanti akan diupload di dalam proses pengisian form DS60. Ada tools online di website tersebut utk cropping foto kita, jika format dan ukuran tidak sesuai peraturan visa amerika, maka waktu wawancara harus membawa 2 lembar foto asli tersebut. Untuk kriteria foto yang bisa diterima ikuti syarat dan sampel foto disini. Tools untuk meng-edit foto ada di sebelah kanan webpage tsb.
Setelah pengisian form DS160 selesai, nanti akan dapat Confirmation Page berisi summary Visa Application anda. Bila proses upload foto berhasil, maka di confirmation page tadi sudah nangkring foto anda, tidak perlu membawa foto asli ketika wawancara kelak. Seluruh isian form DS160 bisa diprint untuk arsip pribadi, tidak perlu dibawa waktu wawancara nanti. Oh yaa.. jika selama proses pengisian anda capek bisa di save dulu dan dilanjutkan dilain hari, catat application number anda. Data bisa di-retrieve kapan saja dimana saja. Data anda akan disimpan di sistem selama setahun. Ngisi form sekarang wawancara tahun depan juga bisa.

Pembayaran Biaya Visa
Selanjutnya, buat akun profil baru untuk pengaturan pembayaran dan appointment wawancara. Link buat akun ada disini. Langkah berikutnya adalah, mencetak biaya yang harus dibayarkan melalui Bank CIMB. Total biaya USD160 untuk tipe visa B1/B2. Mohon perhatikan tanggal kadaluarsa kurs yang berlaku tersebut. Aturan pembayaran ada disini. Saia bayar tunai ke teller bank CIMB cabang Tulungagung dengan membawa print slip pembayaran seperti dibawah ini.
===Gambarnya upload nanti ya===

Penjadwalan Wawancara
Disitu masukin tempat wawancara pilih Kedutaan Amerika di Jakarta atau Konjen Amerika di Surabaya yang beralamat di daerah Darmo. Saia memilih yang slot paling pagi atau pertama yang kebetulan masih kosong. Usahakan datang in-time, saya nyampe lokasi jam 6:50am karena harus nyari2 lokasinya, terima kasih tak terhingga kepada Mbah GoogleMaps yang sudah memberi petunjuk kesana.
Jika anda bawa kendaraan sendiri, tidak ada parkir khusus diarea Konjen, harus diparkir di pinggir jalan di seberang jalan depan Konjen. (mugkin untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan area Konjen)
Barang bawaan anda akan diserahkan ke petugas security, hanya baju yang melekat saja yang tidak dikasihkan. Barang2 anda akan ditaruh diatas wadah plastik dan dibawa sendiri2 sebelum di masukin mesin scanner. Setelah pintu dibuka, anda akan diperiksa lebih detil lagi oleh petugas didalam dan barang anda akan dimasukin scanner. Alat komunikasi dan lain2 akan disimpan di area ini, anda hanya diperbolehkan membawa dokumen saja.

Proses Wawancara
Pada waktu itu saia dapat giliran nomor 4. Untuk sekedar informasi orang no 1 seorang bapak usia diatas 50 keturunan tionghoa asal kota malang (urus visa via travel). No 2 seorang pemuda usia produktif seperti urus visa sendiri non travel dan sepertinya agak kurang meyakinkan sehingga pas wawancara paling lama. No 3 seorang ibu usia diatas 40 asal Makasar via travel agen yang akan mengunjungi anaknya yang kuliah di Amrik. Nah yang no 4 saia yang hanya mau ngebolang ke Amrik.
Di dalam ruang wawancara loket 1 konfirmasi kelengkapan dokumen oleh pegawai lokal warga Indonesia. Di tanyakan confirmation page pengisian form DS160 dan bukti pembayaran.
Selanjutnya loket 2 pewawancara warga Amerika yang akan meminta perekaman sidik jari kita. Meski warga Amerika, mereka akan menyapa dengan bahasa Indonesia meski terbata-bata. Juga diminta fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Terakhir loket 3 pewawancara sebenarnya yang akan menanyakan lebih detil tentang kita. Pertama ditanyakan tujuan kita mengunjungi Amrik, pada waktu itu saya jawab untuk liburan akhir tahun. Kebetulan saia wawancara awal Desember jadi masuk akal kalau bilang untuk libur akhir tahun kan. Konfirmasi tentang pekerjaan kita sesuai data yang sudah kita masukin di form DS160 secara online. Terakhir diminta menunjukkan paspor lama kita, kebetulan paspor lama saia ada 3, eh ternyata cuma diliat sekilas gak ada 5 detik langsung bilang “Your Visa approved, you colect at the Fedex office Surabaya” sambil nulis alamat Fedex. Oh ya.. dari pertama menyapa pakai bahasa Indonesia, sudah saya jawab dengan Bahasa Inggris sampai akhir wawancara akhirnya dalam bahasa inggris. Proses wawancara di loket 3 kurang dari 5 menit. Tidak diminta nunjukin bukti finansial seperti orang no 2 sebelum saya. Cuma liatin paspor lama saia then granted visa. Bukti tiket pesawat dan booking hotel juga tidak diminta, dan saia memang belum punya. Proses Paspor bisa diambil maksimal 7 hari kerja, ternyata wawancara rabu Kamis sore pun sudah ada keterangan via SMS paspor sudah nyampe di kantor Fedex Surabaya. Pihak Fedex akan menghubungi anda by phone.

Pengambilan Paspor/Visa
Saia mengambil paspor yang sudah menempel didalamnya visa amerika seminggu kemudian, karena belum ada jadwal ke Surabaya dalam waktu terdekat. Pengambilan dilakukan di kantor cabang Fedex Surabaya, masuk ke konter resepsionis tunjukin KTP dan bilang ambil paspor visa amerika.
Langkah detil juga bisa diintip disini.

Demikian cerita saia tentang pengurusan Visa Amerika, foto dan bukti2 lain akan saia upload menyusul ya.

Upadate foto susulan:


Visa ini sudah berhasil dipakai masuk Amerika tanggal 4 November 2016

1 comment:

  1. how do I earn from making money from my gambling
    A great opportunity youtube to mp4 to make some money from my gambling activities. I am currently working on a couple of youtube mp3 different projects that หาเงินออนไลน์ I would like to

    ReplyDelete